Kamis, 02 Juni 2016

Jaringan Dasar

jaringan komputer : hubungan dua komputer atau lebih yang bekerja sama untuk dapat berkomunikasi.
komunikasi :
- bertukar data (sharing data)
- chating
- berbagi perangkat / sumber daya
- berbagi software.
1. jaringan komputer terbagi menjadi beberapa klasifikasi antara lain PAN, LAN, MAN, WAN
jelaskan secara singkat.
PAN : Personal Area Network; jaringan komputer dalam jarak yang sangat dekat, hanya beberapa meter saja.
LAN : Local Area Network ; Jaringan komputer yang kecil dalam suatu area tertentu, seperti rumah, kantor, kampus, sekolah dan lain nya untuk berbagi sumber daya seperti printer dan file.
MAN : Metropolitan Area Network; Jaringan yang mencakup suatu kota menghubungkan jaringan antar perusahaan, kampus, kantor/dinas.
WAN : Wide Area Network; Jaringan yang memiliki cakupan luas, antar negara bahkan benua.
2. Sebutkan teknologi PAN,
Bluetooth, irDA, Kabel data USB, WAP, firewire
- Menghubungkan komputer dengan perangkat seperti printer, scaner, mic, speaker dll.
- sebagai media komunikasi antar perangkat sendiri.
3. PAN dapat digunakan untuk komunikasi antar perangkat pribadi (personal)
berikan contoh PAN dalam kehiduapn sehari-hari
- transfer data antar hp dengan bluetooth
- menghubungkan hp dengan pc
- menghubungkan PC dengan printer
4. perangkat apa saja yang dibutuhkan untuk membangun jaringan LAN
jelaskan fungsi nya masing-masing.
2. Komponen Jaringan
terdapat beberapa macam komponen jaringan yang dapat dikelompokkan menjadi 4 :
1.Hosts (node)
yaitu sistem komputer yang berfungsi sebagai sumber/penerima dari data yang dikirimkan.
Host biasanya terhubung langsung dengan peralatan jaringan. Sebuah host memiliki alamat IP (internet protocol) untuk dapat berkomunikasi.
contoh : PC, Server, Network Printer, Laptop
2. Shared peripherals
yaitu perangkat yang tidak dapat secara langsung berkomunikasi dengan jaringan. peripheral membutuhkan host untuk dapat bekerja.
contoh : MP3 Player, Scanner, Local printer
3. Networking devices
yaitu perangkat / peralatan jaringan, berfungsi mengatur trafic data dan menghubungkan host dengan jaringan.
contoh : HUB, SWITCH, ROUTER
4.Networking media
yaitu media yang digunakan untuk dapat berkomunikasi dalam jaringan. media ini dapat berupa kabel maupun nirkabel.
contoh : kabel utp, stp, wifi, fiber optic
3. Arsitektur Jaringan Komputer
a. Jaringan Peer to Peer
Komputer dalam jaringan dapat berperan sebagai client dan server dalam satu waktu. pada jaringan ini semua komputer setara. contoh komputer 1 yang secara langsung dihubungkan dengan komputer 2 yang dapat difungsikan untuk berbagi data/printer (pheripheral).
b. Jaringan client-Server
Pada jaringan client/server perangkat lunak yang mengontrol /keseluruhan kerja jaringan berada pada server. Jaringan ini dapat menghubungkan ratusan komputer dengan tingkat keamanan lebih baik dari jaringan peer-to-peer.
jenis server antara lain web server, file server, email server
c. jaringan hybrid
Jaringan ini merupakan gabungan dari sifat pada jaringan peer to peer dan client/server. Workgroup yang terdiri dari beberapa komputer yang saling terhubung dapat mengelola sumber daya tanpa membutuhkan otorisasi dari administrator jaringan atau server.
4. Networking Devices (peralatan jaringan)
a. Pengertian HUB
Hub adalah merupakan sebuah perangkat jaringan yang bekerja di OSI layer 1, Physical Layer. Sehingga Hub hanya bekerja tak lebih sebagai penyambung ataupun concentrator saja, serta hanya menguatkan sinyal di kabel Unshielded Twisted-Pair (UTP). Hub tak mengenal MAC Addressing atau Physical Addressing shingga tidak bisa memilah data yang harus ditransmisikan shingga collision tak bisa dihindari dari penggunaan Hub tersebut.
Fungsi Hub diantaranya:
• Memfasilitasikan penambahan penghilangan ataupun penambahan workstation.
• Menambah jarak network (bisa berfungsi sebagai repeater).
• Menyediakan/memfasilitasi fleksibilitas dengan mensupport interface yang berbeda (Ethernet, Toket ring dan FDDI)
• Menawarkan feature-featur yang fault tolerance (Isolasi Kerusakan).
• Memberikan menegement yang tersentralisasi ( koleksi informasi, diagnostic).
b. Pengertian Switch
Switch adalah perangkat jaringan komputer yang bekerja di OSI Layer 2, Data Link Layer. Switch kerjanya sebagai penyambung atau concentrator dalam Jaringan komputer. Switch mengenal MAC Adressing shingga dia bisa memilah paket data mana yang akan di teruskan/dilanjutkan ke mana.
Fungsi Switch diantaranya:
• Bisa juga dipakai sebagai repeater/ alat penguat sinyal.
• Berfungsi untuk menghubungkan kabel-kabel UTP (Kategori 5/5e) komputer yang satu dengan komputer yang lainnya.
• Dalam switch biasanya terdapat routing. Routing itu sendiri fungsinya untuk batu loncat sebagai melakukan koneksi dengan komputer lain dalam jaringan LAN (Local Area Network).
c. Pengertian Router
Router adalah merupakan sebuah perangkat jaringan yang bekerja pada OSI Layer 3, Network Layer atau perangkat komputer yang tugasnya menyampaikan paket data melewati jaringan internet hingga sampai ketujuannya. Pada layer ini sudah dikenal pengalamatan jaringan menggunakan IP Address, serta router ini berperan penting sebagai penghubung atau penerus paket data antara dua segmen jaringan/lebih.
Fungsi Router diantaranya:
• Router berfungsi utama sebagai alat penghubung antar dua atau lebih jaringan komputer untuk meneruskan data dari satu jaringan ke jaringan lain. Perbedaan Router dengan Switch yaitu, kalau switch merupakan penghubung beberapa alat untuk membentuk suatu jaringan LAN.
d. Pengertian Repeater
Repeater adalah alat jaringan kpmputer yang berfungsi memperluas jangkauan sinyal WIFI yang belum tercover oleh sinyal yang berasal dari server agar bisa menangkap sinyal WIFI. Perangkat Repeater harus ada 2 (dua) alat, yaitu untuk menerima sinyal dari server (CLIENT) & untuk menyebarkan lagi sinyal WIFI (accespoint), atau bisa juga sebagai alat penguat sinyal.
Fungsi Repeater diantaranya:
• Untuk mengover daerah-daerah yang sinyanlnya lemah dari Server (pemancar).
• Untuk memperjauh jangkauan sinyal dari Server (pemancar).
• Untuk mempermudah akses sinyal WIFI yang berasal dari Server.
e. Pengertian Access Point
Access point adalah perangkat yang digunakan sebagai pembuat koneksi wireless pada jaringan komputer.
Fungsi Access point diantaranya:
• Sebagai perangkat jaringan yang berfungsi membuat jaringan komputer tanpa kabel.
f. Pengertian Bridge
Bridge adalah sebuah komponen jaringan komputer yang dapat digunakan untuk memperluas jaringan ataupun membuat sebuah segmen jaringan. Bridge jaringan beroperasi di dalam lapisan-lapisan data-link pada model OSI. Bridge juga dapat dipakai untuk menggabungkan 2 (dua) buah media jaringan yang berbeda, seperti misalnya antara media kabel UTP (Unshielded Twisted-Pair) dengan kabel serat optic/dua buah arsitektur jaringan yang berbeda.
Fungsi Bridge diantaranya:
• Bridge berfungsi sebagai pembagi sebuah jaringan sehingga menjadi dua buah jaringan. Bridge dapat mengatur informasi diantara kedua sisi network agar bisa berjalan dengan teratur.
g. pengertian NIC
NIC adalah singkatan dari Network Interface Card yaitu sebuah kartu yang fungsinya sebagai jembatan dari komputer ke sebuah jaringan komputer. Cara kerja NIC adalah untuk mengubah aliran data paralel dalam bus komputer menjadi bentuk data serial sehingga dapat ditransmisikan di atas media jaringan.
Fungsi NIC diantaranya:
• Sebagai media yang pengirimkan data ke komputer yang lain di dalam jaringan.
• Mengontrol data flow diantara komputer & sistem kabel.
• Sebagai penenerima data yang dikirim dari komputer/PC lain lewat kabel & menerjemahkannya ke dalam bit yang bisa dimengerti oleh komputer.
h. Pengertian Modem
Modem adalah (Modulator Demodulator) yaitu perangkat yang berfungsi mengubah sinyal analog ke sinyal digital atau sebaliknya.
Fungsi Modem diantaranya:
• Untuk menghubungkan komputer/PC ke jaringan internet.
gambarkan simbol perangkat diatas

5. Topologi Jaringan adalah suatu cara menghubungkan komputer yang satu dengan komputer lainnya sehingga membentuk jaringan
a.Topologi Token Ring(cincin) adalah cara menghubungkan komputer sehingga berbentuk ring(lingkaran).

• Keuntungan dari cincin topologi jaringan komputer dalam proses instalasi dan kemudahan instalasi, gunakan sedikit jumlah kabel lan sehingga akan menghemat biaya.
• Kekurangnya yang paling fatal dari topologi ini adalah, jika salah satu dari komputer atau kabel masalahnya, maka transmisi data akan terganggu bahkan kesalahan.

b.Topologi Bus hanya menggunakan satu jalur kabel sebagai media transmisi. Beberapa komputer atau printer yang merupakan bagian jaringan di hubungkan seluruhnya ke kabel tersebut. komputer yang di hubungkan dapat mengirim dan menerima data melalui kabel yang berfungsi sebagai pembawa sinyal

• Keuntungan dari bus hampir sama dengan cincin, yang tidak banyak kabel yang digunakan dan pemasangan menghemat biaya.
• Kekurangnya topologi bus adalah kasus gangguan atau masalah pada satu komputer dapat mengganggu jaringan komputer lain, dan untuk topologi ini sangat sulit untuk mendeteksi gangguan, sering terjadinya antrian data, dan jika jaraknya terlalu jauh untuk menggunakan repeater .

c.topologi Star Topologi ini dibentuk seperti bintang karena semua komputer yang terhubung ke hub atau switch dengan kabel UTP, sehingga hub / switch adalah pusat jaringan dan bertugas untuk mengontrol lalu lintas data, sehingga jika satu komputer ingin mengirimkan data ke komputer 4, data akan dikirim ke switch dan langsung mengirimkannya ke komputer tujuan tanpa melalui jaringan komputer lain.Topologi komputer adalah yang paling banyak digunakan saat ini karena keuntungan yang lebih.

• Keuntungan dari topologi ini sangat mudah untuk mendeteksi di mana komputer rusak, maka mudah untuk melakukan penambahan atau pengurangan tanpa mengganggu komputer lain, serta tingkat keamanan data yang lebih tinggi,.
• Kelemahan dari ini adalah topologi jaringan komputer, membutuhkan biaya tinggi untuk instalasi, karena membutuhkan banyak kabel dan switch / hub, dan stabilitas jaringan sangat tergantung pada terminal pusat, sehingga jika switch / hub terganggu, seluruh jaringan terganggu.
d. Topologi Mesh
Dalam topologi ini setiap komputer akan terhubung ke komputer lain di jaringan menggunakan kabel tunggal, sehingga proses pengiriman data akan langsung mencapai komputer tujuan tanpa melalui komputer lain atau switch atau hub.

• Kelebihanya adalah proses pengiriman cepat dan tanpa melalui komputer lain, jika salah satu komputer rusak tidak akan mengganggu komputer lain.
• Kekurangan dari topologi ini adalah jelas, itu akan mengambil banyak biaya karena memerlukan jumlah yang sangat besar kabel dan masing-masing komputer harus memiliki port I / O yang terlalu, selain proses instalasi sangat rumit.
Media Jaringan adalah media/perantara yang di gunakan untuk dapat terkoneksi dengan jaringan. Media jaringan di bagi menjadi 2 kategori
1) Media kabel(wired)
a. Kabel coaxial

• Speed and throughput : 10-100Mbps
• Cost : Inexpensive
• Media and connector size : medium
• Maximum cable length : 500m
b. Kabel STP(shielded twisted pair)

• Speed and throughput : 0-100Mbps
• Cost : Moderate
• Media and connector size : medium to large
• Maximum cable length : 100m
c. kabel UTP (unshielded twisted pair)

• Speed and throughput : 10-100-1000Mbps
• Cost : least expensive (depending on the quality)
• Media and connector catefory of cable size : smail
• Maximum cable length : 100m
d. Kabel fiber optic(fo)


• Fiber can move in cable
• Decouples localized stress
• Prevents microbends
• Lower attenuation
Tight-buffer construction

• Fiber is fixed in place in cable
• High impact strength
• Abrasion resistance
• Smail size
2) Media nirkabel(wireless)
3) Kabel UTP paling populer dipakai dalam arsitektur jaringan LAN di karenakan kualitas yang baik dengan harga terjangkau
Berisi 8 kabel warn yang terpilih :
• Orange-orange putih
• Hijau-hijau putih
• Coklat-coklat puth
• Biru-biru putih
4) Cabling dalam jaringan adalah pekerjaan untuk memanjang konektor RJ 45 pada kabel UTP. Pada cabling dapat dipasang dengan ztype dengan membedakan urutan kabel :

Cara memasang konektor RJ45 pada kebel UTP
1. Siapkan kabel UTP, konektor RJ45, tang cripping dan tester
2. Kupas kabel UTP dengan panjang ±3cm
3. Uraikan kabel pilinannya
4. Urutkan kabel sesuai dengan type
5. Luruskan semua kabel, usahakan tidak ada kabel yang menumpuk
6. Potong dan ratakan ujung kebel ± 1.5cm atau sekitar satu ruas jari
7. Masukan kabel UTP ke konektor RJ45
8. Kunci konektor dengan menggunakan tang cripping sampai benar-benar terkunci
9. Tes kabel dengan lan tester, untuk memastikan kualitas kabel

Tidak ada komentar:

Posting Komentar